Supel Wujudkan Transparansi dan Good Governance

By Admin

nusakini.com-- Dalam rangka mewujudkan Good Governance dan upaya peningkatan pelayanan publik, Biro Keuangan Sekretariat Jenderal KESDM membangun Sistem Informasi Data Usulan Penyaluran PNBP SDA Minerba dan Panas Bumi (Supel). Sistem ini akan memberikan layanan informasi keuangan yang cepat, transparan, dan akuntabel terkait data usulan penyaluran penerimaan negara bukan pajak sumber daya alam mineral, batu bara, dan panas bumi kepada pemerintah daerah penghasil di seluruh Indonesia. 

Peluncuran aplikasi Supel dilaksanakan pada Jumat (22/7) di Hotel Millenium, Jakarta, dengan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal KESDM, Inspektur Jenderal KESDM, pejabat Eselon II di lingkungan KESDM, dan perwakilan pemerintah daerah penghasil mineral, batu bara, dan panas bumi. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal KESDM, Erika Retnowati, kemudian diresmikan oleh Sekretaris Jenderal KESDM, Teguh Pamudji. 

“Kementerian ESDM terus melakukan pembenahan terkait tugas pokok dan fungsinya. Peluncuran SUPEL merupakan bagian dari pembenahan ini”, ujar Teguh Pamudji. 

  Aplikasi Supel diharap mampu menggantikan proses perencanaan dan pelaporan yang selama ini dilaksanakan secara manual, dan memudahkan pemerintah daerah dalam mengakses data dari KESDM. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi SUPEL, praktik penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dapat dikurangi. (p/ab)